MANUSIA DAN PENDERITAAN

Kata penderitaan tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Dimana ada kebahagiaan, disitu ada penderitaan. Tapi, penderitaan tidak semuanya menyakitkan. Ada penderitaan yang ujungnya akan menuai kebahagian.

Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Namun, peranan individu juga menentukan berat-tidaknya Intensitas penderitaan. Suatu perristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang, belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

Akibat penderitaan yang bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan, ada pula yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat. Penderitaan juga dapat ‘menular’ dari seseorang kepada orang lain, apalagi kalau yang ditulari itu masih sanak saudara.

Sebagian kita ketika mendengar kata “Penderitaan” mungkin merasa sangat ketakutan, atau mungkin ada orang yang sudah bosan dengan penderitaan itu. Bagi orang yang ketakutan, jangan sampai penderitaan itu sampai kepadanya untuk memikirkannya saja ia takut, apalagi penderitaan itu harus menghampiri dirinya. Oleh sebab itu ia harus melakukan dengan berbagai cara agar dirinya tidak menjumpai penderitaan itu. Sedangkan orang yang sudah menganggap dirinya sering dijumpai penderitaan akhirnya hanya pasrah menerimanya, karena tidak memiliki kuasa apapun dalam dirinya. Penderitaan mengaturnya menjadi pribadi yang pasrah, tanpa sikap yang jelas.

Penderitaan manusia di negara Indonesia ini banyak lah ragam jenisnya, dari mulai bencana alam yang tiada kunjung habisnya, kemiskinan, berbagai penyakit yang menyerang dan sebagainya.

Kali ini gua akan mencoba ngebahas penderitaan manusia karena kemiskinan, karena kemiskinan adalah hal yang sangat menonjol di negeri yang kaya ini. Kemiskinan di indonesia sangat lah memprihatinkan, dari data yang ada kemiskinan di Indonesia sangatlah tinggi yaitu sebanyak 35 juta orang( data komapas tnggas 29 februari 2009).Kelaparan, penyakit dan putus sekolah adalah bagian dari penderitaan manusia yang disebabkan oleh manusia. Kemiskinan juga dapat menimbulkan kriminalitas . kemiskinan ini disebabkan oleh banyak hal, ada yang karena pengangguran, tidak mempunyai keahlian dalam bidang tertentu dan sebagainya. Sudah banyak cara pemerintah untuk mengatasi kemiskinan di Indonesia , seperti dengan program BLT (bantuan Langsung Tunai) yang di harapkan bisa sedikit mengatasi penderitaan rakyat miskin.

 

Ade bagus saputra 19210098

Tentang adebagus1

gw mahasiswa universutas gunadarma
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s